oleh

Viral Jalur Gowes Gadis Desa, Dokter : Motif Baru Mungkin

Kabarin.co.id, Jakarta – Dikarenakan melalui jalur gadis desa, sebuah kegiatan bersepeda di Malang menjadi viral. Gimmick yang tersedia pada jalur tersebut merupakan para perempuan memakai kemben pura-pura mandi di kali dan bisa diajak berfoto.

Dijelaskan oleh praktisi kesehatan olahraga dr Andhika Raspati, SpKO, terdapat banyak motivasi di balik kegiatan bersepeda.

Yang yang memang ingin bugar, namun ada pula yang ingin pansos atau panjat sosial melalui pamer konten di Instagram atau semacamnya.

Idealnya, motivasi berolahraga ialah untuk keugaran. Meski ada motivasi lain, sebenarnya sah-sah saja sebagai bentuk bonus.

Akan tetapi, dr Dhika menyarankan agar bonusnya tersebut tidak mengobjektivitasi perempuan seperti yang tergambar pada jalur gowes gadis desa.

“Nah ini sekarang baru lagi nih, motif baru mungkin. Nggak cuman sekedar sehat gitukan, nggak cuman buat bugar tapi kok ngarahnya ke sana,” kata dr Dhika.

Dr Dhika menilai, gimmick atau iming-iming yang tepat bisa mendorong orang untuk mau mulai berolahraga. Ia juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan bagi-bagi minuman gratis untuk pesepeda, atau diskon khusus pesepeda.

Gimmick yang demikian akan lebih “sehat” dibanding dengan iming-iming kemben.

“Misalnya masyarakat sekitar ada bagi-bagi buah, ada bagi-bagi kopi kek apa gitu. Lebih sehat juga dan ya lebih baik pastinya,” kata dr Dhika.

Lebih lanjut, edukasi juga diperlukan guna lebih mengarahkan motivasi berolahraga. Dari yang awalnya hanya mengejar gimmick, lama-lama diluruskan menjadi mengejar bugar dan sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News