oleh

Viral Kentut Bisa Tularkan Corona, Ini Kata WHO

Kabarin.co.id, Jakarta – Media penularan Covid-19 melalui air liur pasien positif memang sudah terbukti. Akan tetapi, muncul kabar jika kentut juga bisa menjadi media untuk penularan virus corona.

Seperti dilansir dari Daily Star, dokter sekaligus presenter CBBC, Xander Vam Tulleken, menyebut media penularan baru untuk corona. Ia mengungkap hal tersebut berdasar dengan temuan dari dokter asal Australia, Andy Tagg.

Andy Tagg mengklaim bahwa kentut bisa menjadi salah satu cara penularan covid-19. Penelitian tersebut sebanyak 55 persen pasien corona mempunyai virus tersebut pada fesesnya.

Sedangkan untuk tes terbaru, menunjukkan proses kentut bisa menyebarkan serbuk kotoran dalam jarak panjang.

“Mungkin saja virus SARS-CoV-2 dapat menular melalui besarnya tekanan gas. Kita butuh bukti lebih banyak. Tapi, ingat untuk selalu memakai celana,” terang Tagg.

Sementara dari pihak pusat kontrol dan pencegahan penyakit di China, menyebut jika pemakaian celana efektif untuk mencegah virus corona tersebar saat kentut.

Pasalnya dikhawatirkan ketika orang tidak memakai celana, memproduksi gas dalam jumlah yang besar sehingga mampu menularkan virus ke orang lain di dekatnya.

Dari sisi WHO yang menjelaskan melalui laman resminya, menyebut jika virus bisa menulai melalui percikan air liur atau droplets dari hidung pada saat bersin atau batuk.

Jika seseorang menyentuh objek dengan adanya droplets serta menyentuh mata, hidung, dan mulut, maka bisa saa orang tersebut tertular.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News