oleh

Viral Pria Pingsan Di Pasar Ibuh, Ternyata Hanya Kelelahan

Kabarin.co.id, Payakumbuh – Warga di Pasar Ibuh, Payakumbuh seketika gempar saat seorang bapak tiba-tiba jatuh pingsan, Rabu (22/4/2020) menjelang siang.

Berada dalam kondisi kekhwatiran wabah corona, sontak saja kejadian tersebut membuat warga tidak ada yang mau mendekat dan langsung menghubungi nomor darurat Tanggap Covid-19 Kota Payakumbuh.

Tidak berselang lama, petugas medis akhirnya datang dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap guna berjaga-jaga sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), selanjutnya bapak tersebut dibawa ke Puskesmas Ibuh.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, ternyata bapak tersebut hanya kelelahan ketika belanja di pasar bersama dengan istrinya. Hal tersebut lantaran usia si bapak sudah diatas 55 tahun.

Disampaikan oleh dr. Elin Afriwati, dokter Puskesmas Ibuh yang sekaligus Ketua Tim Covid-19 Puskesmas Ibuh, menyebut jika si bapak sebelumnya juga mempunyai riwayat hipertensi, sehingga sangat rentan lelah ketika beraktivitas, apalagi pada lokasi ramai seperti pasar.

“Bapak ini tidak dari perjalanan keluar daerah, dan juga tidak menunjukkan gejala sakit seperti Covid-19, jadi pingsannya karena kelelahan,” jelas dr. Elin.

Lebih lanjut, si bapak beserta istrinya mengaku khilaf lantaran tidak mengindahkan himbauan pemerintah meski sudah dilarang anaknya belanja ke pasar.

Pertugas puskesmas pun akhirnya memberikan edukasi dan pengertian pada warga. Untuk saat ini, PSBB sudah diterapkan, sehingga untuk pergi keluar berbelanja kebutuhan, sebaiknya diserahkan kepada anak saja.

“Orang tua harus tetap di rumah, mereka rentan tertular Virus Corona karena daya tahan tubuhnya lemah, anak-anak harus peduli juga dengan orang tua mereka,” pesan dr. Elin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News