oleh

Viral Telur Ayam Mengandung Plastik, Khofifah : Jangan Khawatir

Kabarin.co.id, Jakarta – Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur, memberikan himbauan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan telur ayam produksi peternak pada wilayahnya. Pasalnya sudah melalui proses standarisasi.

“Saya ingin sampaikan ke masyarakat seluruh Indonesia, bukan Jawa Timur saja, bahwa telur dari sini aman dan tak ada yang dikhawatirkan,” ujarnya di sela meninjau lokasi peternakan ayam ras di Desa Kambingan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019).

Munculnya kekawatiran masyarakat lantaran terdapat informasi yang menyebut bahwa, telur ayam dari Jatim mempunyai tingkat kontaminasi dioksin (bahan kimia) berbahaya, yang merupakan sisa dari pembakaran plastik.

Hal tersebut dilaporkan oleh para peneliti dari jaringan kesehatan lingkungan global, The International Pollutants Elimination Network (IPEN), bersama dengan Asosiaso Arnika serta beberapa organisai lokal, dengan merilis “Plastic Waste Poisons Indonesia’s Food Chain”, serta tersiar menjadi informasi pada beberapa media.

Pada laporan yang dilakukan di Tropodo, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut, menyatakan bahwa telur ayam kampung yang mencari makanan pada sekitar sampah plastik, mempunyai tingkat kontaminasi dioksin terparah di dunia.

Khofifah menyebut, informasi yang dikonfirmasi dalam publikasi tersebut merupakan ayam yang dilepas. Sehingga bisa sangat berbeda dengan telur ayam produksi peternak.

“Ini telur yang dijual komersial dan menjadi penyuplai pasar-pasar tradisional maupun modern dengan menggunakan pakan terstandarisasi serta prosesnya melalui proses yang higienis. Ini yang membedakan dengan ayam kampung lepasan,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News