Waduh! Langgar Larangan Mudik SIM Bisa Dicabut – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Kendaraan pribadi menjadi salah satu yang menjadi persoalan paling besar pada mudik lebaran di tengah rencana larangan mudik 2021.  Sehingga akan ada tindakan tegas nantinya bagi para pelanggar.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, kendaraan pribadi yang paling menjadi tantangan. Moda ini bisa melewati jalan mana saja dan dimana saja. Hasil evaluasi tahun lalu makanya perlu dilakukan pengetatan dan pengawasan pengendalian mudik ini.

“Makanya penyekatan dilakukan mulai dari 333 titik jalan tikus, tidak hanya jalan arteri,” kata Adita dalam dialog KPC PEN, Jumat (9/4/2021).

Pilihan Redaksi
  • Mudik Resmi Dilarang, Pesawat & Kereta Tak Angkut Penumpang!
  • Ada 333 Cek Poin, Nekat Mudik? Siap-Siap Dicegat Polisi!

Tentunya ada penindakan yang lebih tegas bila ditemukan kendaraan pribadi yang melanggar. Begitu juga untuk kendaraan travel gelap atau angkutan barang yang berisikan penumpang.

Otoritas mengaku punya strategi dalam hal menindak pelanggaran. Sosialisasi akan dilakukan supaya masyarakat tidak melakukan mudik. Apalagi dengan ada aturan karantina daerah tujuan bisa membuat masyarakat berpikir dua kali.

Untuk travel gelap, Adita mengatakan sudah memegang data beberapa travel gelap yang beroperasi tahun lalu. Pemerintah juga sudah melakukan komunikasi dengan operator dan memberi pemahaman akan larangan mudik tahun ini.

“Kami suda komunikasi dengan operator, kalau ada pelanggaran lagi akan kami tindak tegas akan kita beri sanksi sesuai undang-undang lalu lintas ditambah hukum pelarangan mudik. Konsekuensinya berat kalau ada yang nekat,” jelas Adita.

Lantas apa sanksi yang akan diberikan?

Adita menjelaskan paling ringan adalah pemulangan kendaraan yang melanggar, atau diminta putar balik. “Izin dan sim bisa dicabut, ini akan disesuaikan dengan apa yang dilanggar juga dari ketentuan yang berlaku,” jelas Adita. 

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan