oleh

Warganet Heboh Dengan Fenomena Halo Matahari Di Langit Bali

Kabarin.co.id, Denpasar – Warganet heboh dengan munculnya fenomena Halo Matahari. Kondisi tersebut tampak dari adanya unggahan beberapa akun Instagram, yang diramaikan beragam komentar.

Postingan tersebut pertama diunggah oleh @infodenpasar dan di repost oleh akun @putradanan. Dari ragam komentar yang ada, netizen berlomba-lomba menyebut jika fenomena Halo Matahari tampak di wilayah tempat tinggal mereka.

Cahaya matahari yang disertai lingkaran penuh di sekelilingnya, menjadi hal yang diburu oleh beberapa orang guna diabadikan melalui kamera ataupun ponsel pintar.

Salah satu warga Dauh Puri Denpasar, Diah Handayani, mengaku jika dirinya baru pertama kali melihat fenomena Halo Matahari.

Sedangkan untuk sebelumnya, ia hanya tahu dengan fenomena gerhana matahari ataupun gerhana bulan. “Saya pikir bohongan. Ternyata beneran ada yang namanya Halo Matahari. Bagus,  kayak ada pelanginya gitu,” paparnya.

Pada dasarnya, fenomena Halo Matahari merupakan fenomena langka yang hanya muncul pada waktu tertentu. Tidak ada tanda khusus yang mencirikan akan munculnya fenomena tersebut.

Akan tetapi, secara umum fenomena tersebut bisa terjadi ketika cuaca cerah dan awan tipis yang menghiasi langit. Uniknya, tidak ada dampak yang signifikan dari fenomena tersebut.

“Umumnya terjadi siang hari atau malam. Tanpa dihalangi awan rendah dan menengah. Jika menutupi matahari, dapat menimbulkan pelangi,” jelas Bidang Analis Data Astronomi dan Gempa, BMKG Wilayah III Denpasar, Deddy Pratama, Selasa (10/3/2020).

“Fenomena ini dapat dilihat dari sebagian besar wilayah di Bali. Tapi tidak seluruhnya,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News