oleh

Whatsapp dan Medsos Dibatasi,Trafik Data XL Turun Hingga 10%

Kabarin.co.id – Dengan dibatasinya akses media sosial dan aplikasi Whatsapp oleh Kominfo, ternyata memiliki dampak yang mempengaruhi trafik data milik XL Axiata. Operator tersebut mencatat penurunan trafik yang terjadi cukup signifikan.

Demikian yang dituturkan oleh Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya saat ditemui pihak detik.com di kantornya, Jumat malam (25/5/2019).

Pihaknya telah mencatat jumlah trafik data dari keseluruhannya telah menurun hingga mencapai 10%. Jika dilihat dari segi layanan, maka penggunaan aplikasi WhatsApp dan aplikasi Instagram yang memiliki data trafik menurun tajam.

“Instagram kan dasarnya foto dan video, jadi hampir habis semua. Tapi kalo diliat dari trafik keseluruhan paling signifikan WhatsApp, penurunanya mencapai 50%,” tutur Yessie.

Terkait banyaknya para pengguna yang kesulitan dalam menggunakan layanan aplikasi WhatsApp walaupun hanya berupa pesan teks, hal tersebut dikarenakan masalah konfigurasi.

“Kami harus melakukan konfigurasi secara nasional, jadi berdampak pada pengiriman pesan,” ujarnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pihak Kominfo sengaja melakukan pembatasan yang bersifat sementara untuk mengakses media sosial dan layanan messaging sejak Rabu (22/5).

Ada total 6 layanan aplikasi yang aksesnya sedang dibatasi saat ini, antara lain Line, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan WhatsApp. Pembatasan tersebut dilakukan hanya sebatas gambar dan video saja, untuk layanan teks dan panggilan teleponnya tetap dapat digunakan pada ke-6 layanan tersebut.

Jika situasi kerusuhan sudah kondusif, pihak Kominfo akan melakukan pencabutan mengenai pembatasa akses gambar dan video pada ke-6 aplikasi tersebut pada Sabtu siang (25/5/2019).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News