Xi Jinping Diajak Nimbrung Bareng Modi & Putin Cs, Ada Apa? – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Aliansi antara Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan atau BRICS diagendakan akan mengadakan pertemuan Kamis (9/9/2021). Pertemuan itu akan diadakan secara virtual dan dipimpin oleh India yang diwakili Perdana Menteri (PM) Narendra Modi.

Dalam pertemuan itu, seluruh kepala negara dari lima negara itu dilaporkan akan hadir, termasuk Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Presiden Afsel Cyril Ramaphosa.

India mengatakan bahwa pertemuan itu akan membahas beberapa agenda seperti reformasi untuk organisasi multilateral seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Dana Moneter Internasional, kontra terorisme, dan penggunaan teknologi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Pilihan Redaksi
  • Dana Kereta Cepat Bengkak, Jokowi-Xi Jinping Batal Coba 2022?

“Selain bidang-bidang tersebut, para pemimpin juga akan bertukar pandangan tentang dampak pandemi Covid-19 dan isu-isu global dan regional terkini lainnya,” kata Kementerian Urusan External India, Senin (6/9/2021).

Untuk urusan regional, India tidak merincinya lebih lanjut. Namun kemungkinan besar lima negara itu akan mulai membahas soal Afghanistan.

Dinamika yang dialami negara BRICS baru-baru ini cukup menunjukkan perbedaan yang mencolok. Pasalnya China dan India telah tumbuh secara eksponensial sementara Rusia, Brasil, dan Afsel telah tersandung dalam menggunakan pengaruh mereka terhadap ekonomi global.

Sementara itu, hubungan antara China dan India memburuk tahun lalu menyusul bentrokan perbatasan yang tinggi di Himalaya. Bahkan sempat terjadi baku tembak antara kedua pasukan yang menewaskan puluhan orang.

BRICS sendiri menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang besar di dunia. Kelima negara tersebut menyumbang hampir seperempat dari total PDB dunia dan lebih dari 16% dari perdagangan dunia.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *